5 Tips Memulai Bisnis UMKM untuk Pemula

Pada dasarnya, tujuan setiap orang yang melakukan bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sama. Sama-sama ingin sukses hingga bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik. Termasuk bisa membantu mengurangi angka pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru.
Terlebih dengan perkembangan zaman dan kecanggihan tehnologi, manusia saat ini dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan satu peluang baru.
Lalu, apa saja tips sukses membuka UMKM bagi pemula?

Berikut ini 5 Tips Memulai Bisnis UMKM untuk Pemula :

  1. Siapkan mental
    Dalam menjalankan bisnis UKMK yang pertama harus dipersiapkan adalah mental baja. Ketatnya persaingan di dunia bisnis, mau tak mau mengharuskan pelaku bisnis untuk mempersiapkan mental sejak dini. Sebiasa mungkin jangan sampai stres, karena bisa mempengaruhi kinerja dan kesehatan.
    Termasuk mempersiapkan diri untuk terus berinvestasi, kamu harus berpikir positif jika usahamu akan menjadi satu bisnis yang luar biasa.
  2. Pemilihan bidang usaha
    Menentukan bidang usaha yang akan kita jalani untuk bisnis UMKM anda adalah faktor penting. Pastikan bahwa bidang usaha yang kamu pilih telah sesuai dengan kompetensimu. Selain itu, kamu juga harus pandai dalam mencari celah untuk menciptakan satu bidang usaha baru.
    Jika tidak, kamu bisa mengembangkan bidang bisnis yang sudah ada. Maka dari itu, produk yang kamu buat harus punya ciri khas tersendiri agar mempunyai daya tarik
  3. Modal usaha
    Ada dua jenis modal usaha, yaitu materiil dan non materiil. Kedua modal tersebut saman-sama penting, terutama materiil. Pastikan bahwa telah menyiapkan kedua modal tersebut dengan matang agar usahamu bisa berjalan dengan lancar. Jumlah modal yang diperlukan tentunya disesuaikan denganjenis bisnis UMKM yang kamu pilih.
  4. Fokus pada satu bisnis
    Bagi para pebisnis baru, sebaiknya fokus dulu terhadap satu bidang bisnis sampai benar-benar berhasil. Jangan mudah tergoda untuk memulai peluang bisnis lain jika belum sukses, karena hal ini bisa memecahkan konsentrasi dengan mengurus bisnis yang lain. Bahkan bisa jadi semua usaha telah kamu lakukan akan gagal jika memaksakan diri.
  5. Lokasi usaha
    Tiap kegiatan bisnis tentu tidak akan bisa lepas dengan yang namanya lokasi. Dewasa ini memang lokasi tidak selalu berdampak pada kesuksesan suatu bisnis, apalagi untuk usaha yang bersifat online. Tapi tak ada salahnya untuk mempersiapkan lokasi usaha di tempat yang strategis. Terutama jika usaha yang kamu jalani merupakan bisnis kuliner atau jasa, sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan.
    Pada dasarnya, lokasi usaha akan dipengaruhi oleh jenis usaha yang dipilih.
    Jika suatu usaha tersebut bersifat harus dikunjungi oleh pembeli, maka sebaiknya lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan mobil atau motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Butuh Bantuan? Chat dengan kami