4 KEUNGGULAN KABEL FIBER OPTIK YANG SEBAIKNYA ANDA TAHU !

Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang paling unggul diantara jenis-jenis kabel lain dalam jaringan komputer dan internet. Kabel jenis ini juga banyak menjadi pilihan perusahaan-perusahaan operator internet untuk mengembangkan jaringannya. Selain itu, kabel fiber optik juga dipilih dalam menghubungkan seluruh nusantara lewat proyek Palapa Ring. namun begitu, kabel fiber optik ini tidak luput dari kekurangan. Berikut akan dijabarkan keunggulan serta kelemahan dari kabel fiber optik yang mungkin belum Anda ketahui.

Keunggulan Kabel Fiber Optik

Jaringan internet dengan menggunakan kabel fiber optik saat ini menjadi pilihan utama terutama untuk instansi-instansi dan perusahaan. Banyak keunggulan yang ditawarkan kabel fiber optik sehingga mampu menarik minat banyak orang. Berikut ini adalah keunggulan-keunggulan dari kabel fiber optik yang menjadi pertimbangan untuk dipilih.

  1. Kapasitas Besar

Bukan rahasia lagi jika kabel optik adalah jenis kabel yang mampu mengantarkan data dengan kapasitas besar hingga gigabyte per detik. Delain itu, transmisi yang dapat dijangkau juga sangat jauh. Oleh karena itu banyak perusahaan-perusahaan terutama yang bergerak di bidang internet dan telekomunikasi yang menggunakannya karena dapat bebas menentukan bandwidth tinggi.

  1. Komponen yang Tipis/Kecil

Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang bahan utamanya adalah serat kaca dan plastik. Bahkan fiber optik memiliki serat yang lebih halus bila dibandingkan dengan sehelai rambut. Wujud fiber optik ini juga berukuran kecil. Jadi, hal ini akan memungkinkan tersedianya ruang yang cukup besar.

  1. Tidak Menggunakan Arus Listrik

Perlu Anda tahu bahwa kabel fiber optik ternyata tidak membutuhkan arus listrik lho ! Hal ini dinilai akan meningkatkan keamanan karena resiko konsleting tidak akan terjadi. Selain itu dengan tidak adanya aliran listrik maka maka kabel fiber optik dipastikan tidak akan mengalami gangguan dari sinyal elektromagnetik dan sinyal radio. Hebatnya, kabel fiber optik juga mempunyai ketahanan yang cukup kuat.

  1. Validitas Data Terjamin

Fiber optik memiliki kecepatan akses data yang tinggi. Kecepatan akses data yang diberikan tidak mempengaruhi validitas data yang diterima karena kecil kemungkinan terjadi hilang data saat menggunakan fiber optik.

Kelemahan Kabel Fiber Optik

Walaupun kabel fiber optik banyak memukau perusahaan-perusahaan, nyatanya masih ada beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya. Apa saja ya kelemahan fiber optik tersebut? Berikut uraiannya :

1. Membutuhkan Biaya Besar

Dengan keunggulan yang sudah disebutkan sebelumnya, membuat kabel fiber optik ini memiliki harga yang sangat mahal. Selain karena bahan-bahan yang digunakan, biaya pemasangannya juga dinilai cukup tinggi. Disamping itu, kabel fiber optik juga membutuhkan perawatan yang menelan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang dapat membangun jaringan menggunakan kabel fiber optik.

2. Proses Instalasi yang Agak Rumit

Dalam pemasangan kabel fiber optik, harus dilakukan dengan cara yang benar dan teliti. Kabel fiber optik biasanya dipasang pada jalur yang berbelok atau memiliki sudut melengkung. Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan agar proses berjalannya gelombang dapat berjalan lancar.

Demikian informasi yang bisa Anda simak tentang kelebihan dan kekurangan dari kabel fiber optik. Kabel fiber optik adalah kabel terbaik dalam jaringan komputer/ internet karena memiliki kecepatan akses yang tinggi. Untuk membangun jaringan menggunakan fiber optik juga dibutuhkan biaya yang sangat besar. Oleh karena itu, fiber optik hanya mampu dibangun oleh perusahaan besar atau perusahaan penyedia jasa telekomunikasi.

Sumber : https://www.baktikominfo.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*

Butuh Bantuan? Chat dengan kami